Monday, March 16, 2015

Cara Menampilkan Layar Smart Phone Android ke Komputer

Menampilkan Layar Smart Phone Android ke Komputer, ada banyak orang ingin melalakukan ini dengan tujuan yang berbeda-beda, ada yang ingin mengontrol hp,a lewat komputer, ada yang ingin keren saja, dan ada juga juga yang menggunakan hal ini untuk kebutuhan tertentu, seperti prestasi dll.
nah hal seperti ini juga pernah di alami oleh kakak senior saya yang lagi menggarap tugas akhir dimana dia ingin menampilkan layar smart phone android miliknya di komputer untuk kebutuhan presntasi saat sidang skripsi. nah bagimana caranya? cekitdot.

Persiapan :
1. Pada Komputer Harus Sudah Terinstall SDK dan ADT, (Lebih jelasnya silahkan liat di google apa itu SDK dan ADT).
2. Sambungkan Smart Phone Android anda ke komputer, kemudian masuk ke pengarutan android anda, Setting/Setelan >> Developer Option/Opsi Pengembang >> Debugging USB.
3. Chek apakah SmartPhone android anda sudah terdeteksi di ADB, untuk mengeceknya bisa melalui DDMS di eclipse. Silahkan klik menu Window >> Open Perspective >> DDMS. Lebih Jelasnya Silahkan Lihat Pada Gambar di Bawah ini :

Jika terdeteksi, maka akan tampil merk Smart Phone android yang anda gunakan seperti terlihat pada gambar dibawah ini :
Jika Semuanya Sudah, kita lanjut ke Cara Menampilkan Layar Smart Phone Ke Komputer.
Pada tutorial ini saya menggunakan dua cara yaitu :
  1. Menggunakan DDMS Screebshot
  2. Menggunakan Droid @ Screen

- Menggunakan DDMS Screenshot
Cara kerja DDMS Screenshot ini hanya mengambil screenshot layar device android yang kemudian ditampilkan ke layar komputer. Jadi kalau tampilan di device android berubah, di layar komputer tidak secara langsung ikut berubah. kita harus menekan tombol refresh. Namun, cara ini adalah cara yang paling mudah. seperti apa kemudahannya? Silahkan simak langkah-langkahnya!  
Pada Eclipse klik menu Window >> Open Perspective >> DDMS. Kemudian klik icon Screen Capture seperti terlihat pada gambar dibawah ini :
 
Berikut Hasilnya

- Menggunakan Droid @ Screen
Cara kerja Droid @ Screen sangat berbeda dengan DDMS Screenshot karena layar smart phone yang tampil ke layar komputer kita akan berubah sesuai dengan perubahan yang terjadi pada device android kita. Berikut langkah-langkah menggunakan droid @ screen :
1. Download droid @ screen disini.
2. Jalankan file hasil download menggunakan Java Runtime
3. Jika meminta Path ke Adb, silahkan browse ke adb seperti terlihat pada gambar dibawah ini :
  
Berikut Hasilnya 
 
Setelah itu, silahkan anda buka-buka applikasi di device android anda dan lihat layar android di komputer anda. Tampilannya akan berubah sesuai dengan perubahan yang terjadi pada device android anda.

Oke Seperti Itulah Ilmu yang saya dapat dari Blog Kakak Senior Saya di rhosy18.blogspot.com.  Terimakasih.!


Artikel Lainnya

2 comments:

  1. gan ada solusi buat hpe yg rusak ndak??
    soalnya touchscreen hpe ane rusak gan..
    tolong solusinya gaan..
    tengkyuu..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, dan silahkan tinggalkan jejak, baik berupa komentar, saran, ataupun kriktik yang bersifat membangaun. Terimakasih...!