Monday, October 21, 2013

SEJARAH BLOG.

SEJARAH SINGKAT TENTANG BLOG. 

Kebanyakan dari kita mungkin sudah sering mengotak-atik sebuah blog namun tak tahu sejarah dari blog tersebut, lalu bagaimana sejarah munculnya blog.

Untuk pertama kalinya blog dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab yang pada akhirnya diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002. Sejak saat itu, banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber tebuka yang diperuntukan atau ditujukan kepada perkembangan para penulis blog itu sendiri.


Blog mempunyai multi fungsi yang beragam dari sekedar sebuah catatan harian atau diary, media kampanye sebuah organisasi politik, sampai dengan lahan mata pencaharian sebuah perusahaan untuk menawarkan produknya lewat dunia internet. Sebagian blog dikelola oleh seorang penulis tunggal namun ada juga blog yang dikelola oleh banyak penulis seperti blog usaha atau organisasi perkumpulan.

Dulu blog sering disebut dengan online diary yang pada umumnya merupakan sebuah website yang berisikan kumpulan-kumpulan link menuju halaman web lain yang sering disertakan komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut. Sehingga untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan para diarist (sebutan untuk penulis online diary) banyak weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjung seperti menggunakan buku tamu atau kolom komentar.

Pada tahun 1997 Jorn Barger, seorang programen yang juga seseorang yang aktif mengelola website online diary menciptakan sebuah istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Yang dapat diartikan “memasuki web” dalam artian blogger awal saat itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortirkan link-link menarik berdasarkan opininya.

Hingga pada tahun 1999 Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog yang kemudian di persingkat menjadi “blog”. Sehingga orang-orang yang mengelola blog disebut dengan blogger.

Dari situlah kemudian makin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog pun semakin hari semakin berkembang pesat karena memungkinkan seseorang yang tidak menguasai html pun dapat membuat dan mengelola sebuah blog. Sehingga definisi blogpun semakin bergeser yang pada mulanya merupakan sebuah link yang dikomentari pemilik blog menjadi media ekspresi bebas dan terbuka yang ditampilkan secara kronologis terbalik. Apalagi setelah kemunculan movable type dan wordpress dari project kelanjutan cms b2 yang dirilis ke public sebagai blog engine.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog atau kumpulan dari weblog sering disebut blogosphere. Dan gelombang aktivitas dan informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau yang kontrovesial terjadi dalam blogosphere disebut blogstrom atau badai blog.


Artikel Lainnya

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, dan silahkan tinggalkan jejak, baik berupa komentar, saran, ataupun kriktik yang bersifat membangaun. Terimakasih...!