Thursday, August 22, 2013

Mengenal System Operasi Android



Android adalah sebuah sistem operasi mobile yang berbasiskan Linux. Pertama kali di kembangkan oleh perusahaan "Android.inc", nama perusahaan inilah yang kemudian digunakan sebagai nama proyek sistem operasi mobile tersebut, yaitu sistem operasi android.

Pada tahun 2005, sebagai bagian dari strategi untuk memasuki pasar mobile, Google membeli Android dan mengambil alih proses pengembagannya sekaligus team developer Android. Google menginginkan Android untuk dijadikan sebagai sistem operasi Open Source dan gratis, kebanykan code Android dirilis dalam lisensi Open Source yang berarti setiap orang bebas untuk menggunakan dan mengunduh source code Android secara penuh.

Terlebih lagi para vendor bebas untuk mengubah sekaligus membuat penyesuaian untuk Android. Disamping itu, perusahaan dapat secara bebas membuat perbedaan dari product vendor lainnya. Model pengembangan yang sederhana membuat Android sangat attraktif dan hal tersebut yang membuat para vendor tertarik untuk mencoba sistem operasi Android.

Hal ini menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi perusahaan yang terpengaruh oleh fenomena iPhone, yang sukses besar dan merevolusi industri smartphone. Motorola dan Sony Ericsson (sekarang Sony) adalah vendor yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Kedua perusahaan tersebut bertahun-tahun telah mengembangkan sistem operasi mobile buatan mereka sendiri. Ketika iPhone diluncurkan, banyak perusahaan yang berusaha mervitalisasi produk mereka.

Maka dari itu perusahaan-perusahaan ini melihat sistem operasi Android sebagai solusi. Mereka kemudian melanjutkan untuk mendisain hardware mereka sendiri dan menggunakan Android sebagai sebuah sistem operasi yang digunakan untuk mendukung perangkat mobile.

To Be Continue..... Fitu-Fitur Android.

Artikel Lainnya

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, dan silahkan tinggalkan jejak, baik berupa komentar, saran, ataupun kriktik yang bersifat membangaun. Terimakasih...!