Wednesday, May 28, 2014

Cara Mengubah Lokasi Default Web Server Apache di Ubuntu

Assalamu'alaikum sahabat blogger !!
sudah cukup lama saya tidak posting, gak tau kenapa males banget !!, ech, kok malah jadi curhat !! langsung aja dewch yuk ke tkp !

kemarin saya belajar web programming dan sampai pada pelajaran php, yang mau gak mau harus menggunakan web server, untuk pengguna windows mungkin cukup install xampp beres, dan kita bisa meletakkan directory web servernya sesuai yang kita inginkan, sedangkan untuk di linux saya biasa menginstallnya satu-satu, mulai dari apache, php, mysql, dll, dan kemaren bapak tutor saya bilang klo' di linux tidak bisa menaruh directory default web server sesui dengan yang kita inginkan, dan akhirnya saya bertanya-tanya !! "apa benar directory/lokassi web server di linux itu tidak bisa di rubah sesuai dengan yang kita inginkan ????" dan setelah browsing di om google ternyata tidak demikian, directory default dari web server di linux ternyata bisa di rubah sesuai dengan yang kita inginkan !! dan kebetulan disini saya menggunkan apache sebagai web server saya, secara default lokasi directory web server apache ada di /var/www dan langkah untuk merubahnya sebagai berikut :

1. buka terminal kemudian masukkan perintah berikut ini :

tux@newbie: sudo gedit /etc/apache2/sites-available/default

2. rubah file default/settingan default nya menjadi sbg brk :

DocumentRoot /var/www

Directory /var/www/

rubah sesuai directory yang di inginkan, contoh :

DocumentRoot /home/tux/server

Directory /home/tux/server/

lalu simpan

3. restart apachenya dengan memasukkan perintah sebagai berikut :

tux@newbie: sudo /etc/init.d/apache2 restart

selesai !!

good luck, semoga berhasil, dan selamat mencoba !

Artikel Lainnya

1 comments:

  1. Cara Mengubah Lokasi Default Web Server Apache Di Ubuntu >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Mengubah Lokasi Default Web Server Apache Di Ubuntu >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Mengubah Lokasi Default Web Server Apache Di Ubuntu >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, dan silahkan tinggalkan jejak, baik berupa komentar, saran, ataupun kriktik yang bersifat membangaun. Terimakasih...!