Definisi Keyboard Explore DOS dan Jairngan

KEYBOARD
-          Definisi
Keyboard yaitu suatu alat masukan computer yang menyerupai mesin ketik atu merupakan alat masukan data/member perintah pada computer.
-          Tombol-tombol penting pada keyboard
Beberapa tombol penting pada keyboard adalah sebagai berikut:
a.       Enter
b.      Esc
c.       Backspace 
d.      Delete
e.      Insert
f.        Control/ctrl
g.       Alt
h.      Function key (F1-F12)
i.         Dll.
Cara Menghidupkan Komputer
1.       Pastikan computer yang anda miliki sudah terhubung dengan listrik.
2.       Tekan tombol power pada PC (Personal Computer)/CPU (Central Processing Unit).
3.       Tekan tombol power pada monitor
4.       Jiki computer anda normal maka computer akan booting dengan normal dan siap untuk di gunakan.
Cara mematikan computer
1.       Klik start >> tunr off >> turn off computer/ klik star >> shut down
2.       Tkan tombol start pada keyboard+F4 (start+F4) >> plih turn off computer/ shut down >> Enter.
WINDOWS EXPLORER
Windows Explorer adalah program aplykasi yang di gunakan untuk mengatur penggunaan Drive, folder maupun file yang ada pada local drive.
Cara masuk Windows Explorer
Ada beberapa cara masuk pada windows explorer diantaranya
-          Klik Start >> All Program >> Windows Explorer
-          Klik Kanan Pada Start >> Explorer
-          Klik Kanan Pada My Komputer >> Explorer
-          Tekan tombol start pada keyboard+E (Start+E).



DOS (DISK OPERATING SYSTEM)
                Sistem Operasi (Operation System atau banyak di tulis dengan singkatan OS) merupakan program yang di buat untuk mengendalikan dan mengordinasikan aktivitas operasi computer. OS berfungsi sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi, ia bertnggung jawab penuh terhadap pengelolaan, pengendalian dan pengkoordinasian semuan operasi secara ofisien dan efektif. Oleh sebab itu OS di sebut juga sebagai Master Control Program.
DOS (DISK OPERATION SYSTEM)/ OS (OPERATION SYSTEM) di sebut juga main program (ibu program/programinti).
                Secara umum system operasi memiliki fungsi seperti manajemen dalam sebuah perusahaan yang harus mengelola berbagai sumber daya (RP Sources) perusahaan. Sumber-sumber daya computer yang harus di kelola oleh sistem operasi ini meliputi memory utama, prosesor, memory luar (Hard Disk), serta alat-alat lainya. Oleh karena itu system operasi harus melakukan kegiatan-kegiatan manajemen memori (memory management), dan manajemen alat-alat (device management).
                System operasi yang di kenal dewasa ini telah memilki sejumlah kemampuan yang dapat mengelola sejumlah program sekaligus. Fungsi-fungsi yang di miliki system operasi pada dasarnya ada 3 macam, yaitu:
-          Fungsi alokasi sumber-sumber daya.
-          Fungsi penjadwalan sumber-sumber daya.
-          Fungsi pengawasan terhadap aktifitas system computer.
Ketiga fungsi ini pada saat ini mampu menangani berbagai pekerjaan sekaligus. Dalam bentuk jaringan fungsi-fungsi tersebut terdiri atas:
-          Multy Tasking.
-          Multy Programming.
-          Time Sharing.
-          Multy Processing.
MULTY TASKING
Memungkinkan program sekaligus dilakukan dan dip roses pada saat bersamaan pada sebuah computer dengan pemakai tunggal. Dengan system operasi windows pada sebuah computer pribadi (PC) beberapa program aplykasi di jalankan secara bersamaan melalui beberapa jendela, contoh : menjalankan program pengolah kata (Ms.Word), sambil menjalankan program pengolah angka (Ms.Excel), sambil memainkan music (Windows medi player), dan sekaligus masuk ke jaringan internet.
                MULTY PROGRAMMING
                Pada system perngkat lunak  computer memungkinkan beberapa program dapat menggunakan sumber-sumber daya computer secara bersamaan, bergantian pada waktu yang sama, misalnya ketika satu program sedang di proses oleh CPU, program yang lainnya memenfaatkan sumber daya lainnya. Konsep multy programming ini dapat kita liat ketika satu pekerjaan sedang di proses pada printer, maka program kedua dapat mulai bekerja, misalnya membaca data dari keyboard dan selama program pertama sedang di proses pada printer, program kedua sedang diproses pada CPU serta program ketiga sedang membaca data dari hard disk, dan seterusnya.
                TIME SHARING
                Pada computer memungkinkan beberapa pemakai computer menggunakan CPU secar bersamaan dan CPU akan memberikan/membagi waktunya secara bergantian kepada setiap pemakai untuk memproses programnya. Time Sharing ini membagi waktu CPU dengan sangat cepat, misalnya sepersejuta detik untuk setiap computer yang di layani dan CPU akan meninggalkannya untuk melayani computer lainnya dan kembali lagi ke computer asal, dan demikian seterusnya. Jadi, Time Sharing sangat berbeda dengan Multy Programming yang menunggu giliran pemprosesan sampai selesai satu program di olah, pengerjaan dengan Time Sharing ini tidak terasa. Proses serupa ini banyak di lakukan pada komputer Main Frame yang di hubungkan dengan banyak komputer (terminal) meskipun setiap terminal hanya di layani sepersejuta detik, tetapi karena kecepatan komputernya berukuran Nano Scond (miliyaran siklus perdetik) maka dalam waktu sepersejuta detik tersebut CPU telah dapat melakukan ribuan siklus.
                MULTY PROCESSING
                Memungkinkan beberapa CPU bekerja bersama-sama secara paralel dalam satu sistem komputer. Sistem Operasi kemudian dapat membagi beberapa pekerjaan ke beberapa CPU untuk di proses secara serentak, berbeda dari Multy Programming dan Time Sharing yang membagi waktu CPU secara bergantian, Multy Processing menggunakan beberapa CPU sekaligus pada saat yang sama.


JARINGAN
Pengertian Sistem Jaringan
                Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang di hubungkan satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komonikasi, melalui media transmisi atau komonikasi sehingga dapat saling berbagi sumberdaya antara lain dalam bentuk berbagi pemakaian Printer, CPU, Memory, Hard disk, dan memberikan layanan komonikasi antara pemakai (e-mail, chatting).
                Agar dapat mencapai tujuan yang sama setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan yang di sebut dengan Client (peminta layanan), Server (Pelayan). Arsitektur ini di sebut dengan seistem Client-Server, dan di gunakan pada hampir seluruh aplykasi jaringan komputer.
KOMPONEN JARINGAN
Komponen dari suatu jaringan adalah Node dan Link.
-          Node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam jaringan, menghasilkan output informasi atau keuanya, Node dapat berupa printer atau alat cetak lainnya, suatu PC atau komputer micro sampai komputer yang raksasa atau modem.
-          Link adalah kanal/jalur transmisi untuk arus informasi atau data di antaranya Node, Link dapat berupa kabel tembaga, serat optik, sistem gelombang micro, laser. Satelit komonikasi jaringan yang masing-masing Node terletak di lokasi yang berjauhan antara satu dengan lainnya dan menggunakan link berupa transmisi jarak jauh yang di sebut dengan Jaringan External. Sedangkan jaringan yang masing-masing Node terpisah dalam jarak yang lokal dengan menggunakan jalur transmisi berupa kebel di sebut dengan jaringan lokal/LAN.
PROTOKOL JARINGAN
                Dalam dunia komonikasi data komputer protokol mengatur bagaimana sebuah komputer berkomonikasi dengan komputer lainnya. Dalam jaringan komputer dapat menggunakan banyak macam protokol tetapi agar dua buah komputer dapat berkomonikasi keduanya perlu menggunakan protokol yang sama. TCP/IP (transmisi control protokol/internet protokol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komonikasi data komputer, di internet komputer-komputer yang terhubung ke internet yang berkomonikasi dengan protokol ini karena menggunakan protokol yang sama TCP/IP, perbedaan komputer dan sistem operasi tidak menjadi masalah, sehingga jika sebuah komputer menggunakan protokol TCO/IP dan terhubung langsung ke inernet maka komputer tersebut dapat berhubungan dengan komputer yang berada di belahan bumi manapun.
TIPE JARINGAN
                Jaringan terbagi atas dua tipe, yaitu:
-          Client-Server
-          Peertopeer
JARINGAN CLIENT-SERVER
-          Client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh server
-          Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas (program atau data) bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan.
Tipe Client-Server di sebut juga dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada Work Station dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai Work Station.
KEUNTUNGAN
-          Karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengolahannya dilakukan secara kkhusus oleh satu komputer (server) maka kecepatan akses lebih tinggi.
-          Terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai Administrator Jaringan yang mengelola Administrasi dan sistem keamanan jaringan, sehingga sistem keamanan administrasi jaringan lebih baik.
-          Sitem BackUp Data Lebih Baik karena pada jaringan Client-Server BackUp dilakukan terpusat di server yang akan memBackUp seluruh data dalam jaringan.
KERUGIAN
-          Biaya operasional relatif lebih mahal.
-          Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk bertugas sebagai server.
-          Server mempunyai peran mutlak dalam menjamin keberlangsungan jaringan (bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.
JARINGAN PEERTOPEER
                Tipe jaringan peertopeer disebut juga dengan Non-dedicated Server sekaligus dapat berperan sebagai work station.
KEUNTUNGAN
-          Antar komputer (work station) dapat saling berbagi fasilitas yang di miliki, seperti Hard disk, Drive, Fax atau Modem, Printer, dll.
-          Biaya operasional relatif lebih murah di bandingkan dengan tipe jaringan Client-Server.
-          Peran server tidak lagi sepenuhnya dalam menjamin keberlangsungan jaringan, sehingga bila salah satu komputer mati atau rusak maka jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
KERUGIAN
-          Pemecahan masalah pada jaringan relatif sulit.
-          Kemampuan kerja lebih rendah.
-          Sistem keamanan jaringan di tentukan oleh masing-masing user sengan mengatur keamanan dengan masing-masing fasilitas yang di miliki.
-          BackUp data harus di lakukan oleh msing-masing komputer tersebut.
MENGKRIPING KABEL
Cara mengkriping kabel agar siap/ layak di gunakan sebagai alat transmisi data dalam jaringan.
Ada dua macam cara pengkripingan kabel, yaitu:
-          STRAIGHT
-          CROSS
Susunan warna kabel UTP jaringan
WHITE ORANGE (WO)
ORANGE (O)
WHITE BLUE (WB)
BLUE (B)
WHITE GREEN (WG)
GREEN (G)
WHITE BROWEN (WBr)
BROWEN (Br)
STRAIGHT


CROSS
RJ 1
RJ 2
RJ 1
RJ2
WO
WO
WO
WG
O
O
O
G
WG
WG
WG
WO
B
B
G
B
WB
WB
WB
WB
G
G
B
O
WBr
WBr
WBr
WBr
Br
Br
Br
Br

{ 0 comments... Lihat Semua Komentar }

Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, dan silahkan tinggalkan jejak, baik berupa komentar, saran, ataupun kriktik yang bersifat membangaun. Terimakasih...!

 
Yahoo
Yahoo Mail
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook